TERMINOLOGI, PENGERTIAN DAN HAKIKAT
Djoko Adi Walujo
Pendidikan Anak Usia Dini
adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi
pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada
pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan Anak Usia Dini memberi
kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan
untuk Usia Dini perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan
berbagai aspek perkembangan yang meliputi kognitif, bahasa, sosial, emosi,
fisik dan motorik. Berikut akan dikupas hal-hal yang menyangkut Terminologi, Pengertian dan Hakikat
Pendidikan Anak Usia Dini dalam bentuk ikhtisar.
Pengertian PAUD
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum
jenjang pendidikan dasar
yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir
sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang
diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal (UU No. 20 Tahun
2003, Pasal 1 angka 14). Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk
penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah
pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar),
kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual),
sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai
dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
No comments:
Post a Comment