Google

Tuesday, May 27, 2008

BUKU PENDUKUNG BERMAIN SAMBIL BELAJAR DENGAN "AROMA" KE-ISLAMAN

Ketika Depo memberikan prasaran pada Seminar Nasional yang di selenggarakan oleh sebuah Yayasan yang bergerak di bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia-- [Yayasan "TARGET JAWA TIMUR"]. Seminar itu membicarakan tentang "Permainan dan Pembelajaran" . Ketika pada sesi tanya jawab, terdapat beberapa partisipan yang ingin mengetahui lebih dekat hal ikhwal terkait dengan metode yang tepat untuk diterapkan di sekolah Islam, maksudnya adalah sekolah yang diselenggarakan oleh oraganisasi Islam. Tentunya pertanyaan itu yang ada sangkut pautnya dengan materi pembelajaran, startegi dan proses pembelajarannya. Penanya saat itu meragukan apakah lazim mengajarkan materi Agama kok melalui permainan. Keraguan tersebut haruslah dimaklumi, karena popularitas "permainan" untuk pengajaran yang terkait dengan citarasa KeIslaman bulum dapat dirasakan dan terpasarkan.
Depo ingin mengurai kegelisahan itu, untuk sementara hanya kami informasikan buku-buku yang dapat membantu memecahkan kegelisahan tersebut buku itu adalah:

Buku ini berisi sebanyak 40 model latihan dalam bentuk permainan, kecenderungan menggambarkan bagaimana membangun suatu pola sikap kebersamaan diantara para peserta. Kreativitas masih dikedepankan sehingga memenuhi sasaran. Kreativitas yang dimaksud adalah bentuk adaptasi dengan setting lingkungan sebenarnya.




JANGAN RAGU MENGGUNAKAN PERMAINAN, BERIKUT DAYA DUKUNG YANG MEYAKINKAN:

[I]
Dan tiadalah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidaklah kamu memahaminya? [Q.S. Al An'am, 6:32]
[II]
Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? [Q.S. Al Mukminum, 23:115]
[III]
Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main [Q.S. Al Anbiya, 21:16]
[IV]
Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara kedauannya dengan

bermain-main [Q.S. Ad Dukhan, 44:38]

BUKU INI MEMBERI DUKUNGAN PARA GURU/PELATIH DALAM MELAKUKAN KEGIATAN OUTDOOR.

BUKU PENDUKUNG LAIN:

JUDUL : GAmes For Islamic Mentoring

PENULIS : Muhamas Ruswandi [Tim ILNA Learning Centre]

PENERBIT: PT. Syaamil Cipta Media Bandung

ISBN : 979-3529-92-4

HALAMAN : xiv, 92, 23,5 Cm.

Isi buku ini terdiri atas empat bagian, yaitu sebagai berikut:

  1. Bagian Dasar-dasar Keislaman.
  2. Bagian Pengembangan diri
  3. Bagian Dakwah dan Pemikiran Islam
  4. Bagian Sosial Kemasyarakatan

Kekuatan buku ini, disetting untuk pembelajaran yang efektif, oleh karena itu setiap bab terdiri atas enam bagian umum, yaitu:

  • judul;
  • tujuan;
  • langkah-langkah;
  • pertanyaan hikmah;
  • alat dan bahan
  • waktu;

WARNING BUKU:

Buku ini juga memberikan periingatan kepada mentee/pelatih/pemandu, utamanya terkait dengan penggunaan games yang salah. Terdapat beberapa kesalahan ataupun kesulitan dalam penggunaan games mentoring. Mentor/pelatih/pemandu yang tidak berpengalaman, merasa tidak aman, dan tanpa persiapan akan menggunkan games untuk membuang-buang waktu. Kesalahan berikutnya adalah, Games yang seharusnya fokus pada proses belajar, terselewengkan dengan dominasi kelucuan dan humor sehingga mengalihkan perhatian dari tujuan program secara keseluruhan.

No comments: