Menurut :Carolyn Triyon & Jw Lilienthal
• Berkembang menjadi pribadi yang mandiri
• Belajar memberi, berbagi dan memperoleh kasih sayang
• Belajar bergaul
• Mengembangkan pengendalian diri
• Belajar bermacam-macam peran dalam masyarakat.
• Belajar mengenal tubuh
• Mengenal lingkungan fisik dan mengendalikannya
• Menguasai kata-kata baru
• Mengambangkan perasaan positif
APA ITU DIKDAKTIK
Johan Amos Comenius seorang orang yang
dilahirkan di Cekoslowakia [1657], menyusun ilmu tentang mendidik dalam bahasa latin Didactica Magna yang artinya “ilmu mengajar
Didaskoo: ARTINYA “SAYA MENGAJAR”
Azas mendidik:
Agar seorang guru ataupun calon guru
dapat mengajar dengan baik,
dan dapat dipertanggung jawabkan
Secara didaktik dan metodik
Harus disandarkan pada azas mendidik
9 AZAS:
• Azas perhatian terpusat
• Azas aktivitas
• Azas apersepsi
• Azas peragaan
• Azas pengulangan
• Azas korelasi/integrasi
• Azas invidualisasi
• Azas sosialisasi
• Azas evaluasi
Kaitan PKB dengan Metode
Cara kerja yang teratur dan sistematis untuk melaksanakan suatu kegiatan sehingga dapat mencapai suatu tujuan
PERINGATN KETIKA MEMILIH METODE:
• Tingkat kematangan anak yang bervariasi
• Lingkungan anak yang agak berbeda
• Fasilitas yang berbeda
• Pribadi dan kemampuan profesi yang berbeda
JENIS METODE:
• Informatif
• Partisipatif
• Partisipasi Eksperensial
• Eksperensial
• Evaluasi
Informatif:
Metode ini digunakan menyampaikan informasi yang bersifat monolog dan satu arah [one way traffic]
• Metode ceramah [lecture method]
• Bacaan terarah [directed reading]
• Diskusi panel [panel discussion]
• Simposium [symposium]
• Bercerita [story telling]
Partisipatif:
Metode ini digunakan menyampaikan materi melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan para peserta
• Pernyataan [Statement]
• Pengumpulan gagasan [Brainstorming]
• Audio visual
• Diskusi kelompok [group discussion]
• Bercakap-cakap [buzz group]
• Forum
Gunakan:
• Kuiz [quiz]
• Studi kasus [case study]
• Peristiwa [accident]
• Peragaan peran [role play]
Partisipati Eksperensial
Metode ini digunakan menyampaikan materi melalui pendekatan partisipatif sekaligus ekperensial
• Pertemuan [meeting]
• Latihan simulasi [simulation exercise]
• Demonstrasi [demonstration]
Eksperensial:
Metode yang memberikan kemungkinan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung/nyata
• Ungkapan kreatif [creative expression]
• Belajar berjalan buta[blind walk]
• Lokakarya [workshop]
Gunakan:
• Penugasan [Assigment in installment]
• Kunjungan lapangan [field visit]
• Kerja proyek [project work]
• Tinggal di tempat [field placement]
Evaluasi:
Digunakan untuk mengevaluasi antara tujuan diharapkan dan yang dicapai
[Usia dini tak kenal ujian tulis]
METODE UNTUK USIA TK & KELOMPOK BERMAIN:
• Bercerita
• Bercakap-cakap
• Diskusi
• Tanya jawab
• Mengucap syair
• Dramatisasi
• Pemberian tugas
• Praktik langsung
• Demonstrasi dan percobaan
• pantomin
• Bermain
• Proyek/kerja kelompok
• Gerak lagu
• Senam
• Menari
• Permainan musik
• Aktraktif
No comments:
Post a Comment