Google

Tuesday, May 19, 2009

22 PRINSIP KOMUNIKASI EFEKTIF [Untuk Meningkatkan MINAT BELAJAR ANAK]

Tidak dapat dipungkiri komunikasi yang bagus membuat semuanya menjadi bagus, balutan komunikasi membuat semuanya menjadi dapat diterima, orang akhirnya memahami sekaligus memaklumi. Jika sejak dini ketarmpilan komunikasi dibangun, maka tahap berikutnya akan mempermudah sebuah maksud tersampai. seharusnya hal ini diaplikasikan d idunia pendidikan, utamanya pada ranah pendidikan usia dini. Tutur kata yang halus, akan melunakkan sebuah mentalitas yang kurang bagus. Budi berbahasa yang membuat oarang cerdas rasa, itulah yang terkandung kuat di buku ini.
Ada kesengajaan yang akan ditularkan yakni untaian ketrampilan komunikasi, sekitar 22 prinsip komunikasi yang disarikan, buku ini, yakni
22 PRINSIP KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN
MINAT BELAJAR ANAK
()
PRINSIP 1
Orang tua memberikan kebebasan anak untuk berkreasi, anak terpacu untuk membuat karya unik
[]
PRINSIP 2
Orang tuan menerima berbagai jawaban anak terhadap pertanyaan tertentu, anak belajar berpikir luas
[]
PRINSIP 3
Orang tuan menerangkan materi dengan sudut pandang yang unik, anak terpacu rasa ingin tahunya
[]
PRINSIP 4
Orang tua memberikan penjelasan awal secara jelas sebelum anak memmulai pekerjaannya, anak mendapatkan pengetahuan awal secara efektif
[]
PRINSIP 5
Orang tua menggunakan alat peraga, anak mempunyai modal pengetahuan awal yang lebih terbayang
[]
PRINSIP 6
Orang tua menerangkan dengan eksperimen, anak terpacu rasa ingin tahunya dan belajar mengamati terjadinya suatu fenomena
[]
PRINSIP 7
Orang tua memberikan ulasan dan kesimpulan terhadap apa yang dikerjakan anak, anak memahmi maksud pekerjaan dan berpikir secara utuh
[]
PRINSIP 8
Orang tua mengingatkan isi cerita dengan fenomena yang pernah dilihat anak, anak belajar berfikir mengingatkan satu hal dengan hal yang lain
[]
PRINSIP 9
Orang tua memberikan kesempatan anak untuk bercerita, anak belajar mengungkapkan apa yang dipikirkan dan mengungkapkan gagasan secara lebih terstrtuktur
[]
PRINSIP 10
Orang tua membimibing anak trampil di depan forum, anak belajar berani berkreasi di depan orang banyak
[]
PRINSIP 11
Orang tua melakukan pendampingan secara pribadi kepada anak, anak memilki keamanan psikologis untuk berkreasi
[]
PRINSIP 12
Orang tua melayani pertanyaan-pertanyaan anak- anak nyaman untuk berpendapat dan terpuaskan
[]
PRINSIP 13
Orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba lagi, anak belajar menyelesaikan pekerjaan dengan inovasi baru
[]
PRINSIP 14
Orang tua menjalin kederkatan, anak memiliki rasa aman secara psikologis untuk berkreasi
[]
PRINSIP 15
Orang tua melibatkan anak secara aktif dalam belajar, anak merasa ikut memiliki dan tumbuh minat belajarnya
[]
PRINSIP 16
Orang tua melibatkan diri dalam kegiatan anak, anak lebih bersemangat dalam berkreasi
[]
PRINSIP 17
Orang tua menciptakan suasana menyenangkan, anak menyenangi materi dan memiliki kepuasan pribadi dalam berkreasi
[]
PRINSIP 18
Orang tua menciptakan suasana bersemangat dalam belajar, anak lebih termotivasi
[]
PRINSIP 19
Orang tua menjaga konsentrasi anak, anak afektif dalam mendalami materi
[]
PRINSIP 20
Orang tua memberikan penghargaan [reward] yang bervariasi, anak mempunyai motivasi untik menghasilkan karya terbaik
[]
PRINSIP 21
Orang tua mengembangkan cara inovatif dalam mengajar, anak belajar berfikir meluas
[]
PRINSIP 22
Orang tua menggunakan ekspresi mimik dan gerak, anak belajar untuk menghayati pekerjaannya
Data buku
JUDUL: 22 Prinsip Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak
PENULIS: Ike Junita S.Sos., MSi
PENERBIT: Sambiosa Rakatama Media. Jl. Srikania Raya No. 13 Bandung 40254. Terlp: 022-5204120. E-mail: siramedia@yahoo.com
CETAKAN: Pertama-Februari 2008
ISBN: 979-3782-10-2
TEBAL: xii + 128 halaman

2 comments:

Rumah Belajar " Bumi Cendekia" said...

ada juga Usia Efektif Belajar Anak di http://rumahbelajarbumicendekia.blogspot.com

Rumah Belajar " Bumi Cendekia" said...

Peranan Orang Tua sangat penting dalam pendidikan anak