Google

Tuesday, May 26, 2009

MENDIDIK ANAK PRASEKOLAH

Anak-anak adalah buah hati belahan jantung orang tua. Masa depanya berati masa depan orang tua juga. Kebahagiaannya berarti kebahagiaan orang tua juga. Tidak ada orang tua yang tega membiarkan anaknya tak beradat dan gagal dalam hidup. Itulah pengantar buku yang mendorong penulis untuk berolah pikir bagaimana seharusnya kita bertindak terkait dengan anak yang dalam usia prasekolah.
Bentangan Bab I: [Sebelum Anak Anda Masuk Sekolah], diuraikan hari-hari menyenangkan bagi anak ketika memasuki sekolah, namun kadang juga terjadi sebaliknya. Anak justru phobi bahkan mogok sekolah. Buku ini menawarkan solusi, agar rasa takut itu dapat terselesaikan. Memang memahamkan tentang pengertian sekolah itu sangat kompleks, namun pengalaman penulis penulis mampu mengurai kompleksitas itu menjadi mudah. Pengenalan awal pada sekolah, sebelum anak nersekolah adalah sebauah nilai bijak yang harus dikedepankan.
Masalah lain yang kadang timbul adalah prblrm klasik, yakni "pipis", kendati hal ini klasik, namun juga tidak dapat dikatakan hal yang remeh, salah menangani justru membuat anak 'kehilangan muka', namun jika dibiarkan akan berlaku pembiasaan buruk. Dari problema diatas bab I buku ini membahas solusi sebagai berikut:
  1. Saat-saat menyenangkan
  2. Menghadapi Ketakutan Prasekolah
  3. Kunjungan Prasekolah
  4. Berapa Lama di sekolah
  5. Bagaimana Kalau Mau Pipis
  6. Sekolah untuk Apa?
Bentangan Bab II [Di Bawah Asuhan Guru]. Ketika usia dikisaran prasekolah sentuhan uniq harus dilakukan. Mengobral pujian dan menghindarkan hukuman menempati perioritas. Sentuhan kasih sayang guru/pendidik agan mendinginkan emosi sak anak asuh, dan ingat bahwa memberikan hukuman justru akan menimbulkan daya belajar anak, sedangkan penguatan [reinforcement] atau pujian [reward] akan melipatgandakan kemampuan dan kemauan.
Dari segenap masalah diatas selanjutnya Bab ii ini menguraikan:
  1. Kasih Sayang Guru
  2. Jika anak Kecewa
  3. Ketakutan yang sulit Dimnegerti
  4. Anak-anak Usia Tiga Sampai Empat Tahun
  5. Anak Usia Lima sampai enam Tahun

Bentangan Bab III [Mendorong Anak Belajar Mandiri]Tujuan manusia itu adalah bertahan hidup [Survival] dan tahap yang harus dibiasakan antara lain adalah ketrampilan hidup [life skill]. Itu semua harus diajarkan kepada anak sebuah pembiasaan mandiri atau mengurangi tingkat ketergantungan anak kepada orang tuanya. Bab ini bersolusi untuk mempola kemaandirian anak. Ternyata manfaat luar biasa akan kita terima, jika anak kita mamilki tingkat kemandiri yang tinggi. Bab ini memberi kiat, dan terurai dalam sub bab berikut:

  1. Manfaat Kemandirian
  2. Pola Asuh
  3. Ajarkan Anak Jadi Pemurah
  4. Cara Terbaik Meninggalkan Anak
  5. Lagu-lagu Terbaik untuk Anak Prasekolah.
....Berikutnya yang bab yang dibentang buku ini antara lain:
Bab IV [Belajar Mengembangkan Imajinasi Kreatif]
Bab V [ Dongeng Sebelum Tidur Pilihan Untuk Sekecil]
Bab VI [Dongeng Klasik Untuk Membangun Imajinasi Serjarah]
Data Buku
JUDUL: Mendidik Anak Prasekolah
PENULIS: Putri Pandan Wangi
PENERBIT: Damar Pustaka Ngadiwinatan NG I/981 Yogyakarta
ISBN: 979-838422-9
CETAKAN: Juni 2005
TEBAL: viii + 116

No comments: