Google

Tuesday, May 19, 2009

MENDIRIKAN & MENGELOLA PAUD [Manajemen Adiministrasi & startegi Pembelajaran]

Arti penting pendidikan untuk usia dini telah menyita perhatian dunia, cukup beralasan karena sebuah bangsa tidak ingin kehilangan dirinya, melalui pendidikan dini identik dengan menyelamatakan banghsa di kelak kemudian hari. Lembaga internasional tertarik dengan pikiran tersebut sebagai bukti UNESCO menyisihkan perhatian khusus untuk masalah-masalah yang terkait dengan pendidikan usia dini. Seperti hasil identifikasi UNESCO yang memberikan empat pilar alasan tentang pentingnya pendidikan usia dini.
[Alasan Pendidikan]:
Merupakan fondasi awal dalam meningkatkan kemampuyan anak untuk menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi, menurunkan angka putus sekolah
[Alasan Ekonomi]:
Merupakan investasi yang menguntungkan bagi anak
[Alasan Sosial]:
Merupakan salah satu upaya untuk menghentikan roda kemiskinan
[Alasan Huklum/HAM]:
Merupakan hak setiap anak [sebagai warga negara] untuk memp[eroleh pendidikan yang dijamin negara
HAKIKAT PAUD DAN PRINSIP
[Hakikat]
Pendidikan usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian stimuli [rangsangan] pendidfikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjut
[Prinsip]
  • Berorientasi pada kebutuhan anak
  • Belajar melalui bermain
  • Lingkungan yang kondusif
  • Menggunakan pembelajaran terpadu
  • Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
  • Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
  • Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang
TUJUAN PENDIDIKAN USIA DINI
Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia potensinya
Mengindentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi diri
menyediakan pengalaman yang beraneka ragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang Sekolah dasart [SD]
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD
Sosok utuh kompetensi profesional guru PAUD meliputi kemampuan:
  1. Mengenal anak secara mendalam
  2. Menguasai profil perkembangan fisik dan psikologis anak
  3. Menyelenggarakan kegiatan bermain yang memicu tumbuh kembang anak sebagai pribadi yang utuh
PENOPANG UTAMA KEBERHASILAN PAUD
[Pendidik]
Unsur pendidik dapat berasal dari orang tua, kader Posyandu, Guru, Pendiddik paud
[Pengelola]
Pengelala dari BKB, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga [PKK], tokoh masyarakat, Sanggar Kegiatan Belajar [SKB], Balai Pengembangan Kegiatan Belajar [BPKB], Lembaga Swdaya Masyarakat [LSM], Organisasi Wanita, dll
4 JENIS PIJAKAN [SCAFFOLDING] PENDUKUNG PERKEMBANGAN ANAK
[Pijakan lingkungan main]
pada pijakan ini sebelum anak datang, pendidik/menata alat dan bahan main sesuai kelompok usia anak. Alat bahan main yang akan digunakan disesuaikan dengan jadwal kegaiatan yang telah disusun
[Pijakan sebelum main (15 menit)]
pada pijakan ini pendidik dan anak duduk melingkar, pendidik memberi salam [say hallo]. Kemudian menyampaikan tema yang dibicarakan sekaligus menjabarkan aturan mainnya
[Pijakan selama 60 menit]
Pada pijakan ini guru melakukan pengamatan, serta diselingin contoh-contoh dalam penggunaan alat permainanan, sekaligus memberikan bantuan-bantuan tertentu [jika dibuituhkan]
[Pijakan setelah main (30 menit) ]
Pada pijakan ini guru melakuklan recalling guna melatih daya ingat anak.
......Itulah yang tersadap dari buku ini, kendati hanya sekelumit, setidaknya dapat digunakan sebagai acuan ketika akan melakukan pengelolaan. Masih banyak yang dibentangkan oleh buku ini, misalnya:
Pendekatan pembelajaran kecerdasan jamak [multiple intelligence]
Pembelajaran PAUD dengan pendekatan BCCT.
Data buku
JUDUL:Mendirikan dan Mengelola PAUD- Manajemen Administrasi & Strategi Pembelajaran
PENULIS: A.Martuti
PENERBIT:Kreasi Wacana. Perum Sidorejo Bumi Indah [SBI] BlokF No. 155 Kasihan Bantul 55182. Telp: 0274 9128113. E-mail: kreasiwcn@yahoo.com. Website : http://www.kreasiwacana.com/
ISBN: 978-602-8001-24-3
TEBAL: xv + 168

No comments: