Google

Monday, May 25, 2009

PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI

Buku ini memposisikan sebagai panduan bagi pendidik usia dini. Merupakan hasil kerja 'keroyokan' delapan orang. Lebih tepat dijuluki sebagai eknsiklopedia atau kamus PAUD, karena di dalamnya syarat dengan terminologi terkait dengan usia dini dari A hingga Z. Dari penulisannya buku menggambarkan pengalaman para penulis, dan citarasa ke-Indonesiaan yang sangat kental. Penanaman rasa cinta tanah air dalam buku sangat dikedepankan, hal ini terlihat ketika buku ini membentangkan contoh-contoh permainan.
Bahasan di Bab I mendiskripsikan latar belakang kemudian juga dipaparkan prinsip-prinsip dasar tentang apa dan bagaimana PAUD. Untuk menghindari kesalahan yang acapkali muncul terkait dengan asumsi-asumsi terkait dengan pendidikan usia dini, misalnya asumsi usia dan asumsi peran pendidik PAUD, buku menjembatani dengan penjelasan rinci.
Sedangkan pada bab II buku ini, di jelaskan hal ihwal proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.
Keistimewaan buku ini adalah memberikan keterangan yang sederhana dan mudah cerna terkait dengan kegiatan pendidikan anak usia dini yang terintegrasi.
Menurut buku ini kegiatan dapat dilakukan secara terintegrasi dari 6 kelompok kegiatan, antara lain:
  1. Pengembangan Akhlak Mulia dan Cinta Tanah Air
  2. Pengembangan Kemampuan Berbahasa
  3. Pengembangan Jasmani dan Kesehatan
  4. Pengembangan Pengetahuan
  5. Pengembangan Perasaan Kemasyarakatan dan kesadaran lingkungan
  6. Pengembangan Daya Cipta/Kreativitas
Semua kelompok kegiatan itu selanjutnya di pecah menjadi sub kelompok bahasan, dan didiskripsikan dalam bentuk rencana kegiatan. Mulai dari tujuan pembelajaran/kegiatan, sarana yang digunakan, rencana kegiatan yang dilakukan. Para pendidik/bunda pengasuh PAUD setidak-tidaknya dapat dengan mudah pengacu contoh yang ada di buku.
Data buku
JUDUL : Pengembangan Anak Usia Dini
PENULIS: Agus F Tangyong-Fawzia Aswin Hadis-F.Pangemanan-Sumiarti Padmonodewo-Anggani Sudono-Etty sisdiana Vijaya-Syarifah Akrab- M.Moeslim
PENERBIT: PT Gramedia.Jl. Palmerah Selatan 22-28 Jakarta 10270. Telp: 021-53696545. http://www.grasindo.co.id/
ISBN: 978-979-0254-74-9
CETAKAN: Edisi Revisi 2009.
TEBAL: vii + 352 halaman

No comments: