Google

Tuesday, May 19, 2009

MANAJEMEN PLAY GROUP & TAMAN KANAK-KANAK

Memposisikan sebagai buku yang memberiokan bimbingan pada pendirian, pengelolaan, dan pengembangan Lembaga Sekolah Anak. Dibentangkan secara sekuensial mulai dari terminologi, apa, siapa dan bagaimana Paud. Dilema pengelolaan yang acap kali muncul diurai tuntas, bahkan berfikir ke masa depan sebagai paradigma global pengelolalaan juga disentuh buku ini.
Sangat disarankan sebagai bacaan pengkayaan mahasiswa S1 Paud, atau sebagai referensi bagi lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak.
Disamping pengelolaan/managerial buku ini juga memberikan pencerahan untuk membangun sebuah citra lembaga.
Terkait dengan pembelajaran buku ini membentangkan prinsip-prinsip pemebelajaran anaka TK, tentunya prinsip ini dimaksudkan sebagai acuan pengelolaan lembaga.
Data buku
JUDUL: Manajemen Play Group Dan Taman Kanak-Kanak
PENULIS: Jasa Ungguh Muliawan
PENERBIT: DIVA Press. Sampangan Gg. Perkutut No.325-B. Jl. wonosari, baturetno Banguntapan Yogyakarta. Telp: 0274-4353776, 7418727. E-mail: ircisod68@yahoo.com. Website: http://www.divapress-online.com/
TEBAL: 271 halaman
CETAKAN: Pertama Februari 2009
Yang dibahas:
Bab I
[Pendidikan Anak Usuia Dini]
Arti penting PAUD, Perbedaan Kelompok Berbain[Play Group] dan Taman Kanak-kanak [Kinder Garten], Dilema Pendidilam Parsekolah
[Prinsi-Prinsip Pendidikan Anak Prasekolah]
Prinsip Ideologis, Prinsip Psikologis, Prinsip Realistis
Bab III
[Mendirikan Kelompok Bermain (Play Group] dan Taman Kanak-Kanak [Kinder Garten]
Legalitas, Tempat dan Lokasi Kegiatan, Tenaga Pengelola, Promosi dan Pemasaran
Bab IV
[Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Prasekolah]
Pengertian, Prinsip-prinsip Pokok Pembelajaran, dan Manajemen Internal Prasekolah]
Bab V
[Sistem Administrasi Lembaga]
Sarana Birokrasi-Administrasi Sekolah dan Operasionalisasi Belajar Mengajar
Bab VI
[Kurtikulum Pendidikan]
Pengertian kurikulum, Kurikulum Pendidikan Taman Kanak-Kanak, dan Aspek-aspek Kurikulum Pendidikan Nasional Usia Dini
BAB VII
[Metode Pembelajaran]
Pengertian Metode Pembelajaran, Persiapan Mental, Psikologis dan Intelektual Guru, Rencana Pembelajaran, Metode Pembelajaran Ideal, Sumber-sumber Pembelajaran, dan Tema Pokok PAUD

No comments: